Selasa, 17 Agustus 2010

ada dimana, dik?

tidak seperti biasanya, sore itu selepas shalat asyar, ku sempatkan datang ke mesjid almujahidin yang tidak jauh dari rumahku. hari itu betapa senangnya aku, karna akan bertemu adik-adikku di sanlat ramadhan...

(gambaran di santri 3, yang alhamdulillah masih antusias...)

tapi betapa herannya aku saat itu, sejenak aku termenung dan berfikir, nich anak pada kemana? ada apa denganmu adik-adikku? penuh tanda tanya dalam benakku, astagfirullah dari sekian banyaknya anak smp dan sma di desaku, hanya beberapa saja yang sempat untuk datang ke sanlat ini,,sungguh ironis,dulu pada saat aku masih duduk dibangku smp anak-anak sampai ratusan lebih untuk santri tingkat 3 ini,tapi sekarang hanya beberapa saja, rasanya semakin menurun saja, ya..ketertarikan akan sanlat terasa menurun saja bagi anak-anak usia mereka, kadang mungkin kalau boleh shuudzan kayaknya mereka lebih nyaman ngabuburit dengan nongkrong, gembrang-gembreng, mejeng, smsan, online, dan sebagainya, tapi wallahu'alam sich, mudah-mudahan dengan tidak hadir sanlat mereka tetap menambah wawasan keislamannya dan melanjutnya tilawahnya dirumah..

tapi biarpun hanya sedikit yang hadir saat itu, semuanya tidak membuat semangatku surut,malah semakin semangat, setidaknya 11 anak itu bisa kupegang,he.. mirip laskar pelangi..dan rasanya seperti ngisi liqa saja,hem.. sekilas kulihat wajah-wajah itu dengan doa-doa mengalir dalam hatiku agar mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah,amin...

nach,bagi adik-adik yang belum sempat datang ke sanlat, berikut teteh rangkumkan tentang materi hari senin lalu, temanya tentang akhlaq, ya..keddudukan akhlaq dalam islam:
-akhlaq merupakan perwujudan utuh dari islam
-akhlaq yang baik menjadi tanda kesempurnaan iman
-dengan akhlaq yang baik seseorang bisa mencapai al abrar (orang-orang yang didekatkan kepada alloh swt)
-dengan akhlaq yang baik seseorang bisa mencapai derajat yang tinggi
-akhlaq yang baik merupakan sebuah anugerah dari alloh swt
-akhlaq yang membuat timbangan amal kebajikan seseorang mukmin menjadi lebih berat
-akhlaq yang baik dan sifat pemurah adalah amalan pertama kali diletakan dalam timbangan akhirat
-akhlaq yang baik merupakan salah satu ticket masuk syurga
-dengan akhlaq yang baik seseorang dapat menempati syurga paling atas
-dengan akhlaq yang baik seseorang bakal mendapat kehormatan di syurga dan duduk di dekat rosulullah saw...

semoga kesemangatan kalian tidak pernah surut untuk mempelajari ajaranNya, karna kalau kita resapi semakin dalam semakin ingin tau, bahkan semakin banyak hal yang belum kita ketahui, karna IlmuNya begitu luas dan agung..

(gambaran di santri 2, mereka pun masih tetap semangat...)


(gambaran di santri 1, anak-anak TK sampai SD kls 2 ini, nampaknya unik-unik,he..)

tanya ku pada adik-adikku yang tak ada di sanlat, kalian ada dimana dik?????
semoga tetap istiqamah di jalanNya ya..amin..uhibbukum fillah...

Tidak ada komentar: