Senin, 29 Maret 2010

Ada Salam...

Iqrois salam.. Ucapkanlah salam, itulah sepenggal kata penuh makna yang anak-anak kecilku ucapkan, mulut mungilnya masih terbayang dan terlihat manis ketika mereka mengatakannya, "assalamu'alaikum.." sapaan penuh doa, yang tidak ada yang menyamai sapaan ini, ah,,luar biasa, memang sudah sepatutnya kita sebagai muslim yang baik sentiasa menyebarluaskan salam... karna banyak hal yang positif dari salam itu sendiri.

Pentingnya salam;

1.Terdapat dalam alquran tentang pentingnya salam (Qs.An Nur ayat 27)

2.Suatu hal yang dianjurkan oleh Rosulullah Saw
Rosulullah Saw bersabda : "wahai manusia sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah silaturahmi dan shalatlah ketika manusia lain tengah tertidur, niscaya kamu akan masuk syurga dengan selamat sejahtera". (Hr. At Tirmidzi)

3.Merupakan sunnah para Nabi dan Rosul (hadits riwayat bukhari dan muslim)
Dalam al quran dicerikan kisah nabi Ibrahim As, "(ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan salaaman, Ibrahim menjawab "salaamun"... (Qs. Adz Dzaariyat ayat 25)

4.Merupakan perilaku para sahabat
Dalam shirah, kisah Thufail Bin Ubay bin Ka'ab. (yang pergi ke pasar untuk senantiasa menyebarluaskan salam kepada setiap orang yang ditemuinya, Subhanallah)

Hukum tentang salam;

1.Mengucapkan salam,
hukum mengucapkan salam adalah sunnah yang dikuatkan (sunnah mua'kadah), seperti dalam hadits yang diriwayatkan abu Daud, Rosulullah saw bersabda; "jika seseorang di antara kalian berjumpa dengan saudaranya, maka hendaklah memberi salam kepadanya, jika antara dia dan saudaranya terhalang pepohonan, dinding atau bebatuan kemudian mereka berjumpa kembali maka ucapkan salam kepadanya.

2.Menjawab salam, hukumnya wajib, seperti dalam Qs.Annnisa ayat 86

3.Ucapan salam, seperti dalam hadistnya, rosulullah bersabda; "ini jibril mengucapkan salam kepada kamu, maka aisyah menjawab, wa'alaihissalaam warahmatullahi wabarakaatuh' (hr.bukhari dan muslim)
Idealnya setiap muslim lengkap mengucapkan salam, tapi tetap diperkenankan mengucapkan salam kepada seseorang dengan salam berikut ini:

assalamu'alaikum...
assalamu'alaikum warahmatullah..
assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh (lengkap)

4.Ucapan balasan salam, menjawab salam dianjurkan adalah minimal setara dengan ucapan salam yang diucapkan, namun alangkah lebih baik jika jawaban itu malah berlebih. seperti dalam Qs.Annisa ayat 86, contoh, ketika ada yang mengucap salam. "assalamu'alaikum" jawaban yang setara minimalnya adalah "wa'alaikum salam",atau lebih "wa'alaikum salam warahmatullah" atau lebih lengkap "wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakaatuh".

Tidak ada komentar: