Senin, 08 Maret 2010

Al Aqsa !

Membela Masjid Al Aqsa adalah Tanggung Jawab Muslim di Seluruh Dunia, kurang lebih itulah tema yang saya baca dari sebuah majalah wanita islami "ummi" yang menceritakan shirah masjid Al Aqsa, jelas saya tertegun, berbagai perasaan menyatu disana, bangga, haru, juga sedih, ya,, mesjid Al Aqsa yang kita tau sebagai kiblat pertama ummat Islam, tempat yang penuh sejarah dan berkah saat di isra mi'rajkannya Rosulullah SAW, namun kini kita hanya biasa diam, ketika Al Aqsa tercinta hampir terenggut oleh yahudi la'natullah, ya..paling tidak selemah-lemahnya imanlah yang bisa kita persembahkan, doa yang tidak pernah putus, doa disepertiga malam yang sentiasa kita panjatkan kepada yang Maha Kudus, moga kemuliaan tetap bersama ummat muslim disana juga untuk mereka yang senantiasa menjaga dan membela Al Aqsa...

Mesjid Al Aqsa, yang berarti mesjid terjauh merupakan salah satu bagian dari kompleks bangunan yang menkadi bagian haram al sharif termasuk juga dome of the rock di kota tua Yerusalem, nach dilokasi yang sama pula orang-orang yahudi mempercayai bahwa adanya tempat dibangunnya kuil Solomon yang dibangun Nabi Sulaiman.

Al aqsa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ummat muslim, karna inilah kiblat yang pertama, sebelum akhirnya di pindahkan Alloh Swt ke mesjidil Haram di Mekkah, di Al Aqsa pula Rosulullah Saw melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat sebelum di berangkatkan ke Shidratul Muntaha pada saat Isra Miraj, oleh karnanya Al Aqsa adalah bagian terpenting bagi ummat muslim setelah Mekkah dan Madinah.

Mesjid Al Aqsa diperbaharui dan dibangun pada masa khalifah Ummar bin Khatab,kemudian dibangun lagi pada masa Khalifah Abdul Malik dan anaknya Al Walid dari Dinasti Umayyah tahun 705M hingga terbentuk bangunan yang megah. Al Aqsha diruntuhkan dan dibangun kembali oleh khalifah Al Mansur dari bani Abassiyah dan penerusnya Al Mahdi tahun 780 M. Bencana gempa tahun 1033 meruntuhkan Al Aqsha, dan 2 tahun kemudian dibangun kembali pada masa Khalifah Ali Az Zahir dari Dinasti Fatimiyah hingga Al Aqsha terlihat sampai saat ini. Saat itu banyak ditambahkan variasi seperti pada kubah,bagian muka gedung, mimbar, menara dan interior dalam masjid. Saat Yerusalem dikuasai oleh kaum kristen, mesjid ini sempat diubah menjadi sebuah gereja dan istana oleh penguasa eropa. setelah Yerusalem dibebaskan oleh Salahudin Al Ayubi, mesjid inipun kembali menjadi milik ummat Islam. Tatkala zionis yahudi membakar masjid suci Al Aqsha ini pada tahun 1969, berdirilah Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada tahun 1971. Tanggal 15 Januari 1988 meletuslah inthifada yang pertama, serdadu israel menembakkan peluru karet dan gas air mata hingga melukai 40 jamaah yang tengah beribadah saat itu, pada bulan oktober 1990, 22 orang warga Palestina terbunuh dan 100 lainnya luka oleh serdadu perbatasan israel saat memprotes pendirian kuil ratapan bagi yahudi disekitar komplek Al Aqsha. Setelah Palestina ada dalam penguasaan Yahudi Israel tahun 1967 eksistensi masjid Al Aqsha memang mulai dirongrong, selain mendirikan tempat ibadah bagi Yahudi di kompleks yang sama, juga melarang muslim memakmurkan mesjid Al Aqsha, bahakan parahnya mereka juga menggali terowongan dibawah pondasi masjid Al Aqsha dengan maksud ingin merobohkan tempat yang suci ini...

Lalu,,,sudahkah kita berbuat sebisa yang kita lakukan untuk menjaga melindungi Al Aqsha, juga sejauh mana kita mendoakan saudara-saudara kita yang terus berjuang disana hingga akhir hayatnya ? ? ?

Wallahu'alam bis shawab...


Tidak ada komentar: