Selasa, 08 September 2009

Malini Balqis Dalam Kenangan...

Sesuai pesan singkatnya, pagi ini: "Nays fotona upload nya!! buat ngingetin memori kita :)", ya begitulah kira-kira sms yang kuterima pagi ini dari sahabatku yang baik...meskipun berat, ya,,di coba saja..foto yang terkesan agak gimana githu..secara..aku ga pernah bisa foto genicc bin uniqe,, pasti kalau di foto gagal..(jujur aku mah gak suka di foto..he..)



SAHABATKU AWAL MOTIVASIKU...

Kutulis cerita ini special tuk maya dan linggar, sahabatku yang selalu menemani awal perjalanan dan perjuanganku dulu,meski kini mereka mulai jauh dari diriku, karna kesibukanku dan kesibukan mereka masing-masing, namun didasar hatiku mereka selalu selalu ada, seperti halnya dulu mereka selalu ada disaat aku tertawa dan menangis, selalu berkata “aku bisa” disaat diriku pun tak yakin dengan diriku sendiri. Terima kasihku yang tiada terkira tuk mereka berdua, juga tuk guruku yang selalu bangga padaku dengan segala kekurangan dan kelemahanku, yang selalu yakin akan diriku disaat aku berkata bahwa aku tidak mamapu, Mang Atep yang semoga dirahmati Alloh dan semoga segera dipertemukan dengan bidadari dunia dan akhiratnya, Juga untuk teh Eva semoga selalu istiqomah dan juga tuk ust.Dede Junaedi,yang kerap disapa ust izun, yang telah berhasil membuat aku membaca dan mempelajari kalam ilahi, beliau mengajari ku albarqi hinggga dari iqro 4 aku berhasil loncat ke bacaan Alqur'an,he,,, jazakumullah...

Terlepas dari semua itu, aku ingin menceritakan dua sahabat sejatiku, yang selalu yakin akan diriku maya dan linggar, dimulai dari pementasan “band kepret” kata anak2 gaul di desaku, yakni grup rebana Al Furqon,, :)

Dimulai dari...

Ting dangdang dem, ting dangdang dem, ting dangdang dem
darangdangdang dangdang ting dem,,
Ting dangdang dem, ting dangdang dem, ting dangdang dem
darangdangdang dangdang ting dem,,

Barulah linggar menatapku, dan aku mengangguk, mulailah ia bersenandung,,, “Teman sejati dari Almanar”cie,,,

Tetap setia padamu selalu selalu
Dalam suka dan duka
Walau bagaimana keadaanmu
Tak kan bermuka dua,,,
Bagaikan batu karang yang diterpa gelombang,
Teman sejatimu,,
de..el..el..

Itulah beberapa bait lagu yang masih kuingat, maklum zaman zadul, jadi belum ada lagu kepompong, he..”persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu”he.. (tatut..gatel donks..he,,)

cerita ini kutulis tuk mengenang Maya, yang 6 September kemarin,milad yang ke 22, Maya adalah sosok yang kalem,lembut,pendiam namun gak mau ngalah,he..(tentunya gak mau kalah ketika ia dalam posisi yang baik), dia selalu menemaniku dalam suka dan duka, pernah waktu SD, aku selalu kalah lomba MTQ, tapi maya selalu bilang,”itu jurinya licik, gak tau mana yang bagus, masa yang menang kayak githu, iya khan??” yang menang tuch cuma karna anak pejabat doank,ya khan?? dia bertanya padaku, tapi kujawab dengan senyuman saja, karna ku tau dia hanya ingin menenangkanku..Dulu..dialah yang suka maksa-maksa aku ikut lomba MHQ atau MTQ, dia selalu bilang, aku bisa..”ayo nays..bisa...”padahal aku pun tak yakin dengan diriku, maklum dari dulu masih krisis PD,he..

Tibalah saat kelas 1 SMP, banyak yang ngiri sama kita bertiga, maya linggar dan aku,berhasil masuk SMP 1 Jalan Cagak saat itu, SMP yang kerap disebut SMP induk, banyak teman-temanku yang tak lulus masuk kesana, tapi ini semua ternyata menjadi hikmah bagi persahabatan kita, maya dan linggar makin solid, dan selalu bilang 1hal padaku..”hayu pokokna mah urang buktikeun...” aku tetap saja dalam kebisuan, dan hanya membalas dengan senyuman saja...

Ramadhan 14...H

saat itu, maya dan linggar kuajak ikut lomba CCIQ, “tumben katanya??” Aku yang ngajak duluan, aku cuma bisa bilang “ya...buat coba2 aja, ngetes kemampuan”, maya langsung naek, “OK setuju,, kita buktikan bahwa kita bisa”, aku hanya diam saja (dipikir2 lagi,,ya,,ada benarnya juga sich, tapi malu..kalah mulu..he...), tapi linggar selalu bilang “bisa ko,,kita bisa,,cuma belum saat nya aja kita menang..” he..”OK setuju ya,,”maya melanjutkan kata-katanya: “nays jubirnya,,”, “gubrakkk..aku mulu jawabku lirih”, maya menyahut,”udah frends..ente dah biasa ngomong”, dalam hatiku berkata,,”biasa malu kali..muka merah”,,, he…

singkat cerita,,,tibalah masa CCIQ itu tiba..

Regu C : Nays, Maya, Linggar.., atas nama grup Malini, ditolak oleh panitia karna kurang islami, akhirnya ditambahkanlah menjadi Malini Balqis,,, Maya bilang; “teu salah ieu tehh,teu beurat teuing,,” aku hanya tersenyum saja... 
Maya berkata, “hayu atuh kita liat, grup lawan kita,,,”Maya dan linggar langsung menghampiri papan iformasi, sehabis itu, setengah berlari maya datang kepadaku dengan nafasnya yang tidak teratur,,”gubrak nays,gubrak..gawat..gaswatt,,,Lawannya super berat nays,,,” masa baru penyisihan aja dah berat kayak gini,,kewalahan kita nays, jawabku lirih…” siapa?...”

Regu A : teteh almi,teh rina,teh sari,,jawara menahun..apalagi sekarang mereka udah SMA..semakin lengkap aja pengetahuan dan pengalaman mereka..

Maya berkata padaku, “jadi gak lomba CCIQ nya?” Aku terdiam lemas,,Linggar langsung memegang tanganku,,,”inggar mah gak mau ah...”aku semakin lemas saja, terdiam aku berkata lirih, “ya..gar..niat kita ikut lomba apa??,khan ceunah mau syi’ar Islam… kita kan ga masalah mau menang or kalah juga, lagian dah sering kalah juga, jadi biasa aja,,ya khan”Maya naik dan berkata “OK..OK..kita gak takut, kita cuma ngasah kemampuan aja khan,,he,,” “OK inggar setuju,,,”, dua sahabat sejati yang menjadi awal motivasiku..mereka yang selalu percaya padaku,selain ibu dan bapakku dirumah..

Kutanya pada maya,”regu B siapa, ya?” sebelum maya menjawab tibalah…

Jreng,,jrengjreng,,jenggg....

“Wwah,,,tuh regu B lewat..nays”
ter,,nya..ta.......

Kakak2 kelasku di Dewan Penggalang wal OSIS SMP,,duh,,, makin mengecil aja githu, keberanianku tuk ikut lomba itu, sorak sorai pun terdengar seketika mereka lewat..Kang Wawa, Kang Aldi, Kang Yaya..duh..selain keren-keren, karasep,balageur.. juga palinter deuih,,,duh…kumaha ieu teh…

Maya memegang pundaku,dan bilang; “nays kamu bisa, kamu kebanggaan mamang (mang atep), so jangan takut gara-gara buku fiqih sunah mereka tebal”, aku merunduk sebari kupegang dan kutatapi buku catatan kecilku dan shiroh punya zia,, (cerita dibalik sebuah buku shiroh..)

Maka 10 menit menegangkan bermula..

Regu A... Waw,,yes,,,(secara githu dah jawara,wal deket pula dengan panitia) sorak sorai terasa begitu menggema memecahkan ketegangan lomba…
Regu B..ye,,ye...(trio ganteng,pinter,sholeh lagi...wah.. He..),anak-anak remaja putrid pada dukung mereka,,,
Regu C..yes...(hanya kudengar riuh-riuh penyemangat dari adik-adiku di pengajian)...sedih rasanya, sudah terbiasa kalah sich, jadi orang menganggap sebelah mata githu..

Tapi maya berbisik lagi 1hal padaku; “wajar frend eleh ge,mereka kan udah pada gede, dulu kita wajar kalah juga, secara githu,anak SD lawan anak SMP, So,,tenang frend, aku sayap kirimu frend” aku tambah semangat aja..”bismillah..” 

Tapi semua itu tidak membuatku lemas, maya dan linggar selalu ada membuatku semangat...ditambah dengan anak-anak pengajian ku yang berkata, hayo teteh,,teteh bisa,,,hingga akhirnya CCIQ pun dimulai, suasana tegang terjadi..setelah soal habis bagi setiap regu,,akhinya..muncullah angka..

Regu A : 675 (yes….semakin nampak wajah2 penuh bangga)
Regu B : 525 (sorak sorai pun terjadi..)
Regu C : 400 (hanya anak2 pengajian al furqan,yang nampak tepuk tangan)

Semuanya beda-beda tipis,,,

Aku hampir lemas, semua terasa berat..wajahku entah sudah seperti apa, ya malu..tegang,,lapar juga,,he..tapi sekali lagi maya berbisik padaku,”baru permulaan ceu, perang baru akan dimulai..babak rebutan babad semua soalnya”..aku menahan tawaku..eh si inggar,bilang gini;”nays..puntennya inggar ga banyak mantuan,tapi doa inggar kuatku”,,,aku merasa aneh dengan mereka, sungguh luar biasa motivasi mereka, aku tak ingin mengecewakan mereka,begitupun anak-anak al furqan,,”sekali lagi, sahabatku awal motivasiku”..

Tibalah keajaiban itu datang, rupanya Alloh menentukan lain..

Soalnya kebanyakan shiroh,,aku tersenyum, dan mulailah rasa PD itu bangkit,secara githu buku zia dah lecek bin lezett ku baca..

Inilah takdir..

Nilai regu a, banyak dikurangi karna kesalahan-kesalahan jawaban mereka, lain halnya dengan regu b, lebih statis, hati-hati menjawab, berbeda pula dengan regu c, saat itu entah bagaimana alloh menganugrahkan daya ingat tentang shiroh, dan ke PD an menjawab,singkat cerita,,, hingga ada dua soal terakhir,,

MC berkata, siapakah Nabi yang bergelar dzunnun dalam Al Quran?...

Tak ada satupun regu yang berani untuk memijit tombol saat itu, hingga juri berkata, bapak Eman alm(MUI Ciater),,
“Eweuh,,nu berani mencet bel, sieun dikurangi??, sok jawab sabisana ku Bapak moal dikurangi”saking gregetttnya beliau..ingin kita semua berani menjawab..

Regu A: menjawab apa githu,,da salah..
Regu B: tetep diem,,jawabannya pas pa…
Regu C: Maya berisik padaku, “kira-kira salah tong dijawab”, aku hanya tersenyum..dan penuh PD saat itu, pada juri aku tersenyum…yakin jawabanku benar, ku jawab”Nabi Yunus a’alaihi salam”

Juri tampak semangat dan menjawab dengan keras, seratuusssss…lain titatadi dijawab,,, aku tersenyum,,kulihat anak-anak al furqan berdiri dan loncat-loncat,,maya dan linggar berkata padaku, nays,,,keren..nilai kita dah jauh banget dari mereka,,,inggar berkata pertanyaan terakhir gak ussah dijawablah..udah gak mungkin kekejar mereka ko…aku hanya tersenyum..

MC berkata lagi, soal terakhir,,,,siap-siap semua regu, perhatikan soal baik-baik…
Aku semakin semangat aja,tanpa melihat nilaiku berapa, yang jelas aku ingin melihat anak alfurqan loncat-loncat lagi…pertanyaan terakhir…”siapakah 4 khu..”, sebelum selesai soal yang dibacakan mc, ku pijit tombol,,dan anak-anakku berkata..”ahhh…”nampak wajah cemas mereka,takut aku salah jawab, mc berkata lagi,bagaimana juri… “ya silahkan regu c untuk di jawab”,, ku pegang mick nya, dalam hati ku baca bismillah…”abu bakar as shidiq, umar bin khatab, utsman bin affan, ali bin abi thalib”,,,

MC berkata, bagaimana juri..
Juri berkata, lanjutkan dulu soalnya..
MC, ya baiklah..pertanyaanya, (semua nampak tegang), siapakah 4 khulafaurrassyidin, yang menggatikan kepemimpinan, setelah Rosulullah wafat?? Bagaimana juri…
Juri berkata..jawabannya seratusss buat regu C,,,

Kulihat anak-anak semua meloncat, berkata yesss,,,yess,,,semua panitia tersenyum, juri berkata, yang maju kebabak final yakni regu C….yess…yess….gemuruh..anak-anakku…

Aku terharu, semua ini ini hanya 99% banyaknya doa,,mama..bapa..maya..linggar..guru-guruku, terutama mamang..dan anak-anak pengajian alfurqan..tak kan kulupakan semua kenangan ini, memoriku kan slalu menyimpannya..”maya dan linggar memelukku,,,nays bisa nays..kamu bisa,,inilah taqdir yang selama ini kita tunggu,,,kamu percaya pada kata-kataku khan…?”ucap maya… aku terdiam,,tersenyum..ya alloh…inikah ujian atau anugrah untukku…

Akhirnya lomba selesai, regu a dan regu b, menyalamiku,tak menyangka dalam kediaman dan kebisuanku…aku bisa berani berkata-kata,,

Ya,,itulah semua karna cinta Alloh,,yang maha Kallam, doa ibu bapak ku, doa-doa maya dan linggar, doa-doa anak-anak alfurqan, dan doa-doa guruku..terutama mang atep,,

“Sahabatku awal motivasiku, Doa adalah investasiku, Ikhtiar,,Belajar,,,bagian perjuanganku”..

“Thank you Alloh…my mom,,my dad,,all teachers, and all my friends, thank you so much”

Tidak ada komentar: