Jumat, 11 September 2009

Possesif..

Aduh,,berat bangets ni judul, tapi mau apa lagi, bingung nyari judul yang pas, tadi sempat baca-baca artikel tentang hal ini, ya..namanya juga ilmu apapun itu perlu dicari, kan "tholabul i'lmi fariidhotun a'laa kulli muslimin wal muslimatin" (mencari ilmu itu wajid bagi muslim laki-laki dan muslim peremupuan). Sebenarnya, akupun tak begitu tau tentang hal ini namun ini termotivasi oleh seorang perempuan yang curhat padaku.

Senja itu, hampir 30menit kurang lebih, seorang wanita muda itu datang padaku, wajahnya nampak merah, bingung suasana hatinya seperti tidak tenang..dia menghampiriku; "neng..nuju naon",sapanya padaku, kujawab; "ya..diem aja teteh,liatin langit sebari santai bentar..", "boleh gak teteh curhat", sambungnya, kujawab;"mangga,teh..tapi punten ya jika cuma dengerin,khawatirnya gak bisa ngasih saran,ide,solusi apalagi dana",,he..jawabku, "eh si neng mah bisa aja,," (diapun tersenyum dan memulai ceritanya"..

"Neng..kata suami teteh, teteh possesif cenah,,menurut neng teteh gimana?? ada saran gak?"
"Dreng..." (aku terdiam beberapa saat, jujur bingung mau berkata or bicara apa, nampaknya aku belum begitu paham tentang masalah ini"...
"Neng..kok diem aja,kan teteh makin bingung kalau neng diem"
"Aduh teh,puguh saya juga bingung, sering sich dengar kata possesif, tapi gak tau apaan itu teh"
"Hehe.,,"(dia tertawa), "ah sineng kumaha"
"Besok aja ya teh..nyari-nyari dulu"; jawabku..
"Ok dech,besok teteh ka rumahnya!!"
"Iya..mangga,,kedatanganmu kutunggu..he.."
"Dasar Ridhoisasi.."katanya..

Percakapan kamipun berlalu,,

Semalaman aku berpikir, apa sich sebenarnya possesif itu, yang terbayang olehku saat itu adalah sebuah lagu dari naif yang berjudul possesif,kira-kira begini liriknya "bilaku mati,,kau juga mati,,meski tak ada cinta sehidup semati"..(hemm,,ko ane masih inget ya!! astagfirullah). Alhamdulillah akhirnya, aku bertemu dengan mbaku yang kebetulan seorang psikolog, ku tanyakanlah hal itu,"mba possesif itu apa sich", "mba ku bertanya, kokk tanya hal ini", jawabku,"ya..pengen tau atuh", akhirnya mbaku menjawab, "ya..semacam rasa kayak takut kehilangan yang berlebihan atau merasa memiliki berlebihan githu..", "oh..gitu ya,,",percakapan kamipun berakhir..

Kucoba tuliskan beberapa resep yang mungkin bisa dijadikan pengurang dari dosis possesif,
1. Satu sendok teh kepercayaan,ya,,coba tanamkan rasa percaya kepada seseorang, yang mungkin dekat dengan anda)
2. Satu sendok makan Husnudzan (ya..penting banget menanamkan sikap berfikir positif,dan itupun harus dibantu oleh hati yang berpositif juga, cobalah cari 1000 minimal 100 minimal banget 10 alasan untuk kita bershuudzan/berpransangka buruk terhadapa orang lain)
3. Satu ons kurangin sifat egois (nach,..disini penting karna kita diharapkan untuk tidak mudah memvonis orang lain, gunakanlah azas praduga tak bersalah (ciee..), ya..bisa jadi kita benar,namun bisa jadi pula orang lain tidak salah..so jangan terburu-buru mengambil kesimpulan):)
4. Satu gram, meyakini sepenuh hati bahwa "hadza min fadlii robbii.."(githu ya..mohon dikoreksi jika salah,ane lupa), ya,,meyakini bahwa segala sesuatu adalah milik Alloh,,dan kita bukanlah pemilik yang hakiki, kita hanya diamanahi sebagai seseorang yang dititipi, yang kapan saja hal yang dititipi itu bisa diambil oleh pemiliknya yang benar-benar pemiliknya..
5. Satu Kilo,tanamkan sifat Muroqobatulloh dalam diri kita, Merasa selalu diawasi dan dilihat oleh Alloh, sebagai makhluk manusia biasa pasti kita tak pernah luput dari yang namanya salah,so jangan riweuh2 mikirin orang lain diluar sana, yang jelas bagaimana kita berusaha memperbaiki dan memperbaiki diri kita, yakinlah bahwa sebesar biji zarrah pun kebaikan pasti ada balasannya, begitupun sebaliknya..

Nach..baru itu resep buat si teteh, coz belum kepikiran lagi ditambahin apa, ntar dipikirin lagi dech,,yang jelas tak seperti kata-kata dalam lagu,"kau begitu sempurna...", saya yakin tak ada yang sempurna didunia ini, bahkan tak ada yang abadi..(seperti kata peterpan, hehe,,,astagfirullah lagu-lagu itu masih bisa kuingat..ampuni aku ya robb..)

Tidak ada komentar: