Minggu, 01 November 2009

Fiqih Politik Perempuan

Fiqih Politik Perempuan
Penerbit : Era Intermedia
Penulis : Cahyadi Takariawan
Jumlah Halaman : 196 hlm.
Ukuran : 12 x 19,5 cm

Resensi :
Pemahaman yang reduktif terhadap ajaran Islam--di antaranya--telah menye-babkan kaum perempuan “merasa haram” untuk memasuki wilayah publik. Kondisi itu diperparah oleh struktur budaya ma-syarakat yang cenderung menganggap ka-um perempuan sebagai “inferior class”.

Lebih parah lagi, istilah “politik” juga telah direduksi sedemikian rupa, sehinga sesuatu yang sebenarnya sangat mulia dan menjadi lahan untuk berperan bagi kaum laki-laki dan perempuan (politik) dalam mewujudkan sebuah peradaban yang agung dan kemaslahatan bagi umat manu-sia, menjadi kotor dan spesifik bagi kaum Adam. Bagaimana pandangan Islam tentang politik? Apakah makna sejati dari politik?

Bagaimana peran kaum perempuan di sek-tor ini dalam perjalanan sejarah Islam? Bo-lehkah kaum perempuan terjun dunia pu-blik atau politik? Apa pula rambu-rambu-nya? Cahyadi Takariawan, seorang Aktivis Dakwah Kampus, yang sangat peduli ter-hadap keterlibatan kaum perempuan na-mun tetap dalam norma-norma yang jelas dan jernih, mengupas masalah ini. Dengan analisa yang tajam, berani, dan argumen-tatif, serta dengan pemaparan yang menga-lir, buku “Fikih Politik Perempuan” ini ha-dir untuk membukakan cakrawala kita ten-tang tema ini.

(Ups..belum saya tumpahin nich apa yang sudah saya baca, baru cuma resensi nya aja, maklum masih rariweuh,,jadi belum sempat edit entri lagi, sementara ini dulu dech..hem..afwan_nays)

2 komentar:

dianz mengatakan...

ini resensi yang ada di bukunya ya? :D
kutunggu resensi dari dirimu sendiri :D

Neni Nuraeni Hadian mengatakan...

hehe,,ya, tau aja,he,,
maklum belum sempat buat resensi sendiri, kan riweuh ku tanggal 28, dah githu musti terbang ke bandung pula, so teu acan kabujeung sayang,he,,thanks ya,,,