Jumat, 13 November 2009

Sayyidatina Saudah Binti Zam'ah..

Tadi pagi tiba-tiba sebuah sms muncul, bahwa saya dapat jatah kultum hari ini, aduh gubrak dech, belum sempat baca-baca, belum sempat nyari sumber bukunya apa, tapi bismillah aja dech, kultumnya tentang shiroh shohabiyyah, tadinya mau sahabat, atau putri Rosulullah SAW, secara githu dirumah ada buku "Fathimah beloved daughter",hibahan seorang sahabat perjuangan,he.. semoga limpahan pahala mengalir padanya,amin..tapi sebelum kesahabat or putrinya, mendingan istrinya dulu, Siti Khodijah perempuan Suci "At Thahirah", yang memiliki posisi yang amat penting di hati dan perjuangan Nabi, tidak akan ada habisnya jika membahas Ummahatul Mukminin yang satu ini. Begitu banyak taudalan yang patut kita teladani, berjuta kisah dech, Alhamdulillah sudah pernah dibahas, meski belum semuanya,kayaknya mah,jadi meureun, giliran saya menyampaikan istri Nabi yang lain, yakni Ummahatul Mukminin "SAUDAH BINTI ZAM'AH"

Nama : Saudah Binti Zam'ah
Nama lengkap : Saudah binti Zam'ah bin Qais bin Abdu Syam bin 'Abdud (dari suku Quraisy Al Amiriyah)
Nama Ibunya : Asy Syumusy binti Qais bin Zaid bin Amr (dari bani Najjar)
Nama Suami sebelum Rosul : Sakran bin Amr (saudara Suhail bin Amr Al Amiri)
Ciri-ciri : Cerdas dan berpostur tinggi besar
Kuniah : Muhajirah Janda Muhajir

Kisahnya : (ane singkat aja ya, afwan :) )

Dialah yang berhijrah bersama suaminya
Meninggalkan rumah dan harta mereka
Berlayar menyeberangi lautan,mereka rela..
Demi menyelamatkan Dinul Islam tercinta..
Siksaan dan tekanan mereka rasakan
Sudah terasa begitu hebat,karna keukeuh dalam pendirian;
Yakni penolakan terhadap kesesatan dan kemusyrikan...
Begitu hilang penderitaan
Di Negeri Habsy yang penuh pengasingan
Kini..harus ditinggalkan suami tersayang..
Iba seorang Rosul tuk meringankan beban
Dari janda tua yang penuh cobaan..
Hingga akhirnya menjadilah Ummahatul Mukminin..
Saudariku,,
Sebelumnya tak ada yang berani
Menyampaikan saran kepada Nabi
Tentang hal yang satu ini
Yakni agar nabi menikah kembali..
Datanglah Kaulah binti Hakim
Menanyakan dengan penuh hati-hati..
Hingga ada 2 hal yang pasti..
Dari perawan yakni Aisyah Binti Abu Bakar
Anak dari seorang sahabat Rosulullah yang paling dikasihi (Abu Bakar)
Dari janda yakni Saudah Binti Zam'ah
Seorang wanita yang beriman dan ikut berjuang bersama Nabi..
Akhirnya,,,
Menikahlah Nabi..
Dihari yang sama dengan wanita yang istimewa
Aisyah dan Saudah..
Setelah 3 tahun barulah Aisyah hidup bersama..
Banyak penduduk Mekkah merasa heran!!
Khadijah kini; Saudah yang menggantikan???
Padahal tidak demikian..
Tak siapapun mampu menggantikan
Kedudukan Khadijah dihati Nabi..
Nabi menikahi Saudah..
Karna kebaikan dan sifat kasih sayangnya..
Tapi Subhanalloh..
Saudah mampu menyesuaikan keadaan..
Mampu mengasuh dan merawat putri-putri Nabi..
Kelembutan dan tutur katanya,,
Mampu membuat Nabi terhibur,,
Nabipun enggan menceraikannya,
Karna Saudah amat tertekan dan bersedih..
"Biarkanlah aku tetap sebagai istri engkau..
Demi Alloh aku tidak akan banyak menuntut,
sebagaimana istri-istri engakau,,
Namun aku ingin dibangkitkan..
Sebagai istri engkau dihari kiamat kelak.."
Sungguh pesona kata-katanya..
Ia abdikan dirinya..
Untuk keridhaan suaminya..
Bahkan ia berikan jatah gilirannya,,
Kepada Aisyah..
Hingga turunlah ayat 128 dalam surat keempat..
Ia tinggal bersama suaminya sekaligus Nabinya,
Dengan penuh ketenangan,keridhaan,dan kesyukuran..
Ialah salah satu ibunda kaum mukmin
Dan salah satu istri Rosulullah di Syurga..
Ia wafat pada masa khalifah Ummar bin Khatab..
Dialah wanita yang patut ditiru,,
Perangainya yang penuh kelembutan dan kasihsayang..

Jujur.. singkat cerita shiroh ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku yang kaya akan sastra,dalam menyingkap makna, yang sering saya baca, yakni Pesona 10 Sahabat, karya Ust Fahri..atasan saya sekaligus guru saya ditempat saya bekerja..saya pun ingin menulis seperti beliau..mencoba menuliskan sebuah Shiroh dalam bentuk pupuisian..hem..saya memang belum begitu pandai namun keinginan mencoba selalu ada..hem.. By the way, foto diujung sana nampak kurang cocok ya..Shiroh Shohabiyyah, tentang Ummahatul Mukminin yang tidak bisa digambarkan kok ada fotonya,,jujur sebenarnya ada pesan dakwah disana, sengaja saya tampilkan seorang ibu yang sedang merawatnya anaknya, yang terkena luka di Negeri perjuangan Palestina..itulah ceritanya,,saya..jujur belum bisa setegar itu,,Subhanalloh khan ibu-ibu Palestina itu..so, Save Palestine!!!

Sumber :
Judul Asli : Nisaaun Haular Rosul
Penulis : Mahmud Mahdi Al Istambuli & Musthafa Abu Nashr Asy Syilby
Judul terjemahan : Wanita Teladan
(Istri-istri, Putri-putri, Sahabat Wanita Utama Rosulullah)
Penerjemah : Ahmad Sarbaini S.Ag.Al Hafidz, Kosim S.Ag, Mukhlisin Ibnu Abdurrohim

Tidak ada komentar: